Atap

Pengertian Dan Kelebihan Genteng Metal Pasir

Genteng metal pasir bisa dikatakan sebagai salah satu jenis genteng yang cukup banyak diminati. Tentunya ada keunggulan yang ditawarkan hingga pada akhirnya banyak dicari. Berikut adalah penjelasannya.

Apa Itu Genteng Metal Pasir

Perlu diketahui bahwa genteng metal pasir merupakan genteng dibuat dari material bahan pasir serta metal zincalume. Kedua bahan ini lalu yang dicampur lagi dengan bahan-bahan lainnya yaitu baja galvalum, coraltex serta zincphospat.

Pastinya banyak yang mempertanyakan tentang faktor apa sajakah yang bisa membedakan genteng pasir ini dengan jenis genteng pada umumnya. Genteng yang satu ini dari segi estetika terbilang baik karena terdapat lapisan pada genteng yang membuatnya terlihat menarik.

Selain itu, lapisan pada genteng ini memiliki fungsi tersendiri yaitu menghalangi cahaya matahari agar tidak menembus ke ruangan dibawahnya. Sedangkan untuk cirinya sendiri permukaannya terlihat kasar serta berat.

Kenali Kelebihan Genteng Metal Pasir

Jika diatas sudah dijelaskan mengenai apa itu genteng metal pasir, maka berikut ini adalah kelebihan dan keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan genteng pasir.

  1. Kuat

Kelebihan pertama dari genteng pasir adalah kuat. Tak hanya secara bobot saja yang berat namun secara daya kekuatan juga terbilang kuat.

Ketika sudah terpasang, maka genteng ini tidak akan mudah bergeser. Sehingga meskipun diterpa hujan dan angin kencang tidak akan mudah terlepas.

  1. Perawatan Mudah

Memilih jenis atap harus mempertimbangkan segi perawatannya. Namun jangan khawatir, karena atap pasir ini bisa dikatakan memiliki perawatan yang cukup mudah.

Terlebih lagi juga terbilang ramah lingkungan. Sehingga pastinya tidak akan menimbulkan efek atau dampak negatif bagi lingkungan sekitar.

  1. Tahan Api

Kebakaran menjadi salah satu hal menakutkan bagi pemilik bangunan atau hunian rumah. Meskipun tidak ada yang menginginkan hal tersebut, namun tidak bisa dipungkiri bahwa musibah bisa saja terjadi.

Untuk itulah mengapa sangat penting untuk mempertimbangkan memilih genteng atau atau atap yang berkualitas. Dimana salah satunya adalah genteng pasir.

Salah satu keunggulan genteng pasir ini adalah tahan api. Sehingga jika terjadi musibah kebakaran maka akan sedikit meminimalisir dampak paling buruk. 

  1. Bisa Meredam Sinar Matahari, Petir Dan Hujan

Memilih atap tentu harus mempertimbangkan segi kualitas dan ketahanannya. Usahakan memilih atap yang bisa meredam sinar matahari. Karena ketika dapat meredam sinar matahari, maka akan membuat ruangan di bawahnya lebih sejuk.

Selain itu pilihlah yang tahan terhadap petir agar lebih aman meskipun cuaca sedang hujan.  Disamping itu, atap pasir ini juga dapat meredam hujan sehingga meskipun hujan deras tidak akan terdengar berisik.

  1. Awet

Hal paling menarik untuk dijadikan alasan mengapa genteng pasir ini awet adalah karena memiliki sifat anti karat.

Dengan pertimbangan kelima point diatas, maka tentunya akan semakin menguatkan alasan mengapa harus memilih genteng metal pasir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *